Home » » Sukses berbisnis food truck : peluang bisnis dan kiat- kiat sukses

Sukses berbisnis food truck : peluang bisnis dan kiat- kiat sukses

contoh iklan

Seperti namanya, food truck merupakan sebutan bagi mobil pick up yang telah dimofikasi dengan berbagai bentuk lalu digunakan untuk menjual suatu produk makanan tertentu.

Produk yang dijual dengan menggunakan food truck saat ini beraneka ragam, yang tentunya dengan konsep serta inovasi yang semakin menarik.

Sebenarnya konsep food truck ini telah ada sejak lama, namun mulai booming sejak tahun 2013 dan terus mengalami perkembangan hingga sekarang. 

Dahulu, food truck sering kali digambarkan dengan makanan murah dengan kebersihan yang diragukan.

Namun sekarang food truck telah berkembang hingga menjadi tren bahkan icon dan tidak lagi dipandang sebagai makanan pinggiran yang diragukan kebersihannya.

cara sukses food truk
Sukses berbisnis food truck



Jika dilihat dari semakin besarnya jumlah populasi manusia di indonesia saat ini maka dapat dipastikan bahwa jumlah kebutuhan untuk pemenuhan hidup semakin tinggi. 

Oleh karena itu, tinggal anda memilih jenis makanan apa yang anda kuasai dan sukai untuk anda jadikan komoditi utama dalam bisnis food truck yang akan anda buat.

Satu hal yang pasti kenapa prospek usaha ini bisa di bilang cerah, ialah karena saat ini trend masyarakat kita menyukai hal-hal yang instan. 

Termasuk juga dalam hal makanan. Dan itu merupakan peluang menarik yang pastinya bisa anda tangkap dengan menerapkan konsep food truck pada usaha anda. 

Sebab dengan menggunakan food truk, akan lebih fleksible dan bisa langsung menyasar ke tempat-tempat sedang ramai beraktifitas. 

Entah itu di dekat pusat perbelanjaan, kampus, pusat industri dan tempat-tempat ramai lainnya.

Mobilisasi food truck yang sangat mudah, memungkinkan memiliki pelanggan yang cukup banyak. Hal ini dikarenakan food truck bisa berpindah-pindah lokasi yang strategis untuk memasarkan produknya. 

Sehingga tidak perlu dikhawatirkan makanan tidak ada yang membeli karena anda tahu mana lokasi yang strategis dan kapan waktunya.

Berbagai pertimbangan atau analisa sebelum anda memulai usaha food truck

a)      analisa kekuatan produk yang akan dipasarkan meliputi harga produk, kebersihan produk, pemilihan lokasi pemasaran, produk baru atau lama, dan bagaimana sifat makanan yang akan dijual apakah tahan lama atau mudah rusak.

b)      analisa kelemahan produk yang akan dipasarkan, yakni meliputi perijinan untuk penjualan dan bagaimana sifat bahan yang dijual.

c)      peluang usaha yakni bagaimana peluang usaha untuk usaha ini dari segi tempat dan produk yang dijual apakah banyak pesaing atau tidak.

d)      hambatan apa yang kira-kira akan dihadapi kedepannya misalnya pesaing untuk berkembangnya bisnis. Setelah mengetahui berbagai jenis ancamannya kemudian siapkan langkah-langkah untuk menanggulanginya.

Persiapan yang harus di lakukan sebelum memulai bisnis food truck

 a. Administrasi

Sebelum membuka bisnis anda, diharapkan anda melakukan perijinan usaha yang akan anda lakukan, meliputi perijinan pembukaan penjualan hingga tempat, mengurus sim untuk mengemudi food truck.

b. Modal usaha

Dalam usaha apapun tentunya modal adalah aspek yang utama. Terlebih untuk usaha food truck ini. 

Anda membutuhkan modal yang tidak sedikit untuk membeli peralatan yang di butuhkan dan tentunya barang dagangan yang anda akan jual.

c. Truck

Hal yang wajib anda siapkan adalah truck untuk berjualan. Anda perlu menyiapkan truck sebagai tempat berjualan selain untuk tempat berjualan, truck juga sebagai sarana promosi. 

Anda dituntut untuk melakukan dekorasi sekreatif mungkin pada truck anda agar dapat menarik konsumen.

d.  Perencanaan dan perancangan produk

Jika anda berniat untuk menjual produk anda sendiri maka anda perlu melakukan perencanaan dan perancangan kira-kira produk yang paling pas apa untuk dijual. 

Sedangkan jika anda berencana untuk menjual produk lain, anda harus berusaha memberikan tampilan berbeda, agar bisa menarik konsumen.

e. Survey tempat

Survey tempat ini meliputi target lokasi jualan anda dan tempat anda membeli bahan-bahan untuk produk makanan anda, usahakanlah mencari toko yang murah namun kualitasnya terjamin.

Anda harus menentukan tempat mana saja yang menurut anda strategis untuk berjualan. Contohnya bisa di dekat mall, dekat kampus atau juga dekat sekolah. 

Anda juga bisa survei kegiatan apa saja yang akan diadakan di kota anda, karena ini juga peluang agar anda bisa mendapatkan banyak pembeli. Dan yang terpenting adalah anda harus banyak melakukan promosi.


Tips agar bisnis food truck anda sukses

a.      memahami segala resiko yang akan diterima jika anda membuka bisnis ini

b.      memiliki jiwa entrepreneur yang kuat berhubungan dengan seberapa kuat anda bertahan dalam industri ini dan seberapa kreatif anda untuk terus mengembangkan produk.

c.      mampu mengatasi segala masalah mengenai sumber daya manusia

d.      bergabung dengan asosiasi pedagang food truck akan membuat anda kaya akan informasi dan anda akan lebih mudah untuk menetapkan stategi bisnis

e.      memiliki komitmen yang kuat untuk membangun usaha. Usaha yang telah berdiri bukan berarti tidak butuh pembangunan kembali, karena pada dasarnya menjalankan bisnis sama dengan terus melakukan pembangunan untuk mengembangkan bisnis.

Nah itu dia sobat DutaManis.com tips dan kiat sukses menjalankan usaha food truck.

Pelajari dengan detail ulasan di atas sebelum sobat mulai menjalankan bisnis ini. 

Semoga bermanfaat dan salam sukses. Jangan lupa share ya.


baca juga :







contoh iklan

0 comments:

Post a Comment