Home » » Analisa Usaha Snack Ringan

Analisa Usaha Snack Ringan

contoh iklan

Memutuskan menjadi pengusaha memanglah bukan perkara mudah. Berbagai macam alasan sering kali menjadi penghalang bagi seseorang untuk memulai sebuah usaha. 

analisa usaha snack yang menguntungkanPadahal sejatinya, memulai suatu usaha tidak melulu harus menguras banyak tenaga, waktu dan modal yang besar. Ada banyak peluang usaha yang dapat dijalankan hanya dengan modal kecil, fleksibel dan tidak begitu menguras banyak tenaga. Salah satu jenis usaha tersebut yaitu usaha snack ringan.

Snack merupakan salah satu makanan favorit semua orang. Oleh sebab itu, jenis usaha ini termasuk ke dalam salah satu jenis usaha yang memiliki prospek yang sangat baik untuk di geluti. Pada kesempatan ini dutamanis.com ingin membagikan Analisa usaha snack ringan. Semoga bermanfaat buat sobat dutamanis.

Prospek Usaha Snack

·       Menggunakan modal yang tidak begitu besar, usaha snack merupakan salah satu usaha yang tidak membutuhkan modal terlalu besar. Jadi, semua kalangan pasti masih bisa menjangkau jenis usaha ini. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis ini maka tidak perlu takut mengalami banyak kerugian.

·       Dapat meraih keuntungan dalam jumlah yang besar, saat ini, snack sudah menjadi makanan yang digemari banyak orang. Maka tak heran, jika jenis usaha ini dapat meraih keuntungan dalam jumlah yang besar. Apabila semakin banyak orang yang gemar makan snack, itu artinya akan semakin banyak pula konsumen yang bisa menjadi pelanggan snack Anda. Semakin banyaknya pelanggan, maka keuntungan yang bisa Anda raih bisa dalam jumlah yang besar.

·       Pemasarannya yang dinilai cukup mudah
     pemasaran snack tidak terlalu sulit. Jika Anda paham bagaimana cara memasarkannya, maka seterusnya akan menjadi jauh lebih mudah.


Analisa Usaha Snack

Bagi Anda yang ingin memulai usaha snack, maka ada baiknya melakukan analisa terhadap usaha snack Anda nanti. Adapun yang termasuk ke dalam analisa usaha snack yaitu asumsi, investasi, biaya tetap, biaya variabel, total biaya operasional usaha snack Anda, perkiraan pendapatan dan waktu yang dibutuhkan untuk balik modal.

a.   Asumsi
Asumsi itu merupakan sebuah perkiraan tentang berapa lamakah waktu maksimal dalam menggunakan etalase dan perlengkapan untuk berdagang.
Contoh asumsi :
Jenis
Masa penggunaan
Perlengkapan lain
1,5 tahun
Etalase
2,5 tahun

Pentingnya berasumsi dalam menjalan usaha snack milik Anda agar dapat membuat perencanaan lebih rapi mengenai penggantian perlengkapan, perawatan perlengkapan dan lain sebagainya. Tujuannya agar target-target Anda bisa tercapai sesuai rencana.

b.   Investasi
Investasi merupakan proses penanaman modal. Pada usaha snack, bentuk investasi Anda yaitu pembelian peralatan yang akan digunakan untuk menjalankan usaha snack ini.
Contoh investasi :
Jenis investasi
Harga
Perlengkapan lain
Rp1.000.000,00
Etalase
Rp3.000.000,00
Total investasi
Rp4.000.000,00

Namun tenang saja, uang yang sudah Anda keluarkan untuk membeli perlengkapan tersebut merupakan bentuk dari sebuah investasi jangka panjang dalam usaha snack Anda ini.

c.   Biaya tetap
Biaya tetap merupakan biaya yang akan dikeluarkan untuk setiap penyusutan alat yang sudah Anda list sebelumnya. Setiap peralatan yang Anda gunakan tersebut pasti mengalami penyusutan. Secara definisi, penyusutan dapat diartikan sebagai suatu proses yang dilakukan untuk menyisihkan uang dalam jumlah tertentu dari harta atau aset yang telah Anda pakai untuk menghasilkan sejumlah uang atau biasa disebut pendapatan.

Dalam usaha ini, harta atau aset yang Anda miliki yaitu perlengkapan yang akan Anda gunakan nantinya untuk mulai berdagang. Barang-barang tersebut nantinya akan mengalami penyusutan dan penyusutan dari setiap barang itu dapat Anda akumulasikan menjadi biaya tetap.

Contoh dari biaya tetap :
Jenis biaya tetap
nilai
Gaji karyawan/pekerja
Rp600.000,00
Penyusutan perlengkapan lain 1/18 x 1.000.000,00
Rp55.555,00
Penyusutan etalase 1/30 x 3.000.000,00
Rp100.000,00
total
Rp655.555,00

d.   Biaya variabel
Biaya variabel merupakan biaya yang Anda akumulasi untuk membeli semua bahan-bahan yang akan diperlukan untuk usaha snack Anda. Biasanya jumlah total biaya operasional ini akan lebih besar dari biaya tetap. Hal ini sangat biasa jika Anda dapat melihat lonjakan harga-harga bahan pokok dan lonjakkan itu tentu akan sangat mempengaruhi harga jual bahan-bahan yang Anda butuhkan tersebut.

Jenis biaya variabel
Nilai
Penyewaan tempat
Rp700.000,00
Aneka snack ringan
Rp1.200.000,00
Listrik dan kebersihan
Rp100.000,00
Total
Rp2.000.000,00

e.   Total biaya operasional
Total biaya operasional merupakan gabungan dari jumlah total biaya tetap diakumiulasikan dengan jumlah total biaya variabel.
Jenis biaya
nilai
Biaya tetap
Rp655.555,00
Biaya variabel
Rp2.000.000,00
Total biaya operasional
Rp2.655.555,00

f.     Pendapatan tiap bulan
Anda harus selalu memasang target berapa jumlah total pendapatan yang harus Anda dapatkan tiap bulannya. Tujuannya agar Anda tahu berapa lama nantinya modal awal yang harus Anda kembalikan. Jadi dalam setiap bulan, Anda akan bekerja lebih keras lagi untuk bisa mengembalikan modal awal usaha snack Anda.

Contoh perkiraan pendapatan per bulan :
Penjualan snack per hari                 : 40 snack
Harga snack                                     : Rp6.000,00
1 bulan                                             : 30 hari
Total perkiraan pendapatan per bulan     : 40 x 30 x Rp6.000,00 = Rp 12.000.000,00

g.   Waktu yang dibutuhkan untuk balik modal
Usai Anda mendapat gambaran soal berapat target pendapatan yang akan Anda tiap bulannya, maka selanjutnya Anda dapat memperkirakan tentang berapa waktu yang diberikan agar Anda bisa balik modal.

Contoh perhitungan waktu untuk balik modal :
Waktu balik modal = jumlah biaya investasi / keuntungan
                               = Rp4.000.000,00/ Rp12.000.000,00= 0.3 bulan
Keuntungan = total perkiraan pendapatan per bulan - total biaya operasional
                 = Rp 12.000.000,00-Rp2.655.555,00 = Rp9.344.455,00

Tips Sukses Menjalankan Usaha Snack

Kesuksesan dalam menjalankan usaha snack bergantung kepada bagaimana cara Anda dalam menjalankan usaha snack tersebut. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan usaha snack Anda, di antaranya yaitu :

·       Buat brand, brand merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah usaha. Usahakan membuat brand yang mudah diingat orang. Jadi semisal orang itu melihat si A, ingatannya bisa langsung tertuju kepada snack Anda dan hal tersebut dapat mendatangkan keuntungan bagi Anda.

·       Design kemasan semenarik mungkin, kemasan merupakan salah satu daya tarik bagi konsumen Anda. Jadi, sebisa mungkin design kemasan yang unik dan menarik, yang mampu membuat calon pelanggan Anda menjadi tertarik.

·       Menyediakan sampel dagangan, cara ini dilakukan untuk menarik perhatian dari para konsumen. Ini merupakan salah satu langkah awal Anda untuk mendapatkan konsumen tetap.

·       Melakukan promosi dan juga komunikasi
    Promosi dapat dilakukan melalui media sosial dan juga lewat baliho dan sejenisnya. Melalui media promosi, Anda dapat melakukan komunikasi dengan para calon konsumen Anda dan hal itu merupakan modal yang sangat baik untuk kemajuan bisnis Anda ke depannya.


Strategi Pemasaran Snack

Dalam penyusunan strategi pemasaran usaha snack Anda, ada banyak hal yang harus diperhatikan, di antaranya :

·       Menyesuaikan dengan kondisi produk, ketika Anda menjelaskan pada konsumen informasi mengenai produk snack Anda itu, maka jelaskanlah secara runtut, detail dan juga menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh konsumen Anda. Jelaskan saja dengan sejujur-jujurnya, jangan mengada-ngada, karena kepercayaan konsumen merupakan hal yang sangat penting  bagi Anda.

·       Tentukan Target Pemasaran yang sesuai, target pemasaran harus disesuaikan dengan keadaan pasar. Pasanglah target pemasaran yang sesuai, jangan terlalu rendah dan juga jangan terlalu tinggi. Sesuaikan dengan pasar.

·       Konsumen beda,pelayanan beda, tidak semua konsumen boleh diperlakukan dengan cara yang sama. Ada konsumen yang harus diperlakukan dengan begitu sabar tetapi ada juga yang harus setengah sabar hingga sabar sekali. Tetaplah memasang raut wajah gembira saat melayani konsumen, agar mereka merasa puas dengan pelayanan Anda. Kepuasan mereka merupakan modal kesuksesan Anda.


Itu tadi informasi untuk Anda mengenai analisa usaha snack. Semoga memberikan sedikit pencerahan dan bisa menginspirasi sobat dutamanis.com. Saya berharap sobat dapat membagikan artikel ini pada teman-teman yang lain. Terimakasih ya.

contoh iklan

0 comments:

Post a Comment