Home » » Peluang Bisnis yang Terbukti Menguntungkan di Tahun 2017 – di Bidang Jasa

Peluang Bisnis yang Terbukti Menguntungkan di Tahun 2017 – di Bidang Jasa

contoh iklan


peluang usaha bidang jasa yang sudah terbukti

Seiring perkembangan jaman, kebutuhan hidup pun terus meningkat. Rasa-rasanya hari ini kita sudah tidak jaman lagi hanya mengandalkan gaji. Untuk memenuhi kebutuhan, kita harus berfikir cerdas. Salah satunya adalah dengan membuka usaha baru di bidang jasa.

Nah berbicara mengenai bisnis di bidang jasa, berikut ini telah kami rangkum peluang bisnisdi bidang jasa yang cocok dan menguntungkan di tahun 2017 ini.

1.    Jasa Pencucian Kendaraan
Membuka usaha pencucian kendaraan bermotor merupakan salah satu peluang usaha yang cocok di tahun 2017 ini. Seperti yang kita tahu, orang jaman sekarang, terlebih di perkotaan, pasti memiliki segudang kesibukan. Terlebih mereka para pekerja kantoran yang seharian harus menghabiskan waktunya di kantor. Mereka pasti tidak memiliki waktu lagi untuk mencuci kendaraan, padahal mereka tetap menghendaki mobil atau motor yang tetap bersih.

Memang bisnis jasa pencucian kendaraan ini terbilang mudah. Namun, persaingan dalam bisnis ini juga sangat besar. Oleh karena itu, sebelum menjalankan bisnis jasa pencucian kendaraan, Anda sebaiknya memperhatikan kiat dan tips berikut ini.

Lokasi yang Tepat
Pemilihan lokasi menjadi faktor penting saat Anda memutuskan membuka usaha ini. Anda tak perlu memilih lokasi yang tidak ada saingan sama sekali, namun usahakan Anda mencari lokasi yang ramai dan strategis.

Setelah itu Anda juga haru memperhatikan luas tempat yang akan digunakan untuk usaha jasa pencucian kendaraan. Luas tempat pastinya disesuaikan dengan jenis kendaraan yang Anda layani, apakah mobil, motor, atau keduanya. Jasa pencucian mobil biasanya membutuhkan tempat yang lebih luas dibandingkan dengan motor.

Promosi dan Komunikasi yang Menarik
Banyak pesaing dalam bisnis ini, berarti Anda harus pintar-pintar membuat promosi dan iklan yang menarik. Siapapun pasti akan tertarik dengan usaha Anda jika ada promosi, misalnya diskon atau kupon gratis, undian berhadiah, dan sebagainya.

Selai itu, Anda dapat mempromosikan usaha Anda secara offline atau online. Promosi secara offline dapat berupa spanduk, baliho, dan sebagainya. Yang lebih efektif dan murah, Anda dapat mengiklankan usaha ini melalui media online seperti situs jejaring sosial Anda.

Suasana Ruang Tunggu yang Nyaman
Saat menunggu kendaraannya selesai dicuci, pasti pengunjung membutuhkan fasilitas ruang tunggu yang nyaman. Pastikan suasana ruang tunggu di tempat pencucian kendaraan Anda nyaman dan tidak membosankan. Anda dapat menyediakan koran, majalah, atau televisi. Selain itu, Anda dapat membuka semacam cafe mini bagi para pengunjung. Pastinya fasilitas ini dapat membuat pengunjung betah dan merasa nyaman saat menunggu kendaraannya dicuci.

Pelayanan yang Ramah
Kunci penting agar Anda memiliki pelanggan setia adalah dengan memberikan pelayanan yang ramah. Pelanggan biasanya akan sangat sensitif terhadap pelayanan yang Anda berikan. Sekali saja mereka mendapatkan pelayanan yang kurang berkenan di hati, maka dipastikan mereka tidak akan mau kembali ke tempat pencucian kendaraan Anda.

2.    Jasa Laundry
Nah, berikutnya usaha yang cocok di tahun 2017 ini, adalah membuka usaha loundry. Usaha ini sangat cocok didirikan di daerah perkotaan dan area sekitar kampus. Kehidupan yang super sibuk membuat penduduk perkotaan atau mahasiswa tidak sempat lagi mencuci pakaian mereka sendiri. Oleh karena itu, bisnis ini pasti menjanjikan keuntungan besar bagi Anda.

Agar bisnis jasa laundry Anda berhasil dan sukses, Anda pun sebaiknya menerapkan tips berikut ini :

Buat Konsumen Percaya dan Puas dengan Kwalitas Anda
Salah satu cara yang paling penting untuk mensukseskan bisnis jasa Laudry Anda adalah dengan membuat konsumen percaya. Buatlah konsumen puas dengan jasa laundry Anda. Selain itu, pastikan Anda juga memberikan pelayanan yang ramah.

Usahakan untuk selalu cermat mendata setiap pakaian milik konsumen agar tidak hilang atau pun tertukar. Sebelum menyerahkan pakaian yang akan dilaundry, pastikan Anda menyuruh konsumen memberitahu mana pakaian yang mudah luntur dan tidak. Cara ini diperlukan agar hasil akhir laundry tetap terjaga kualitasnya dan pakaian konsumen pun tidak rusak.

Konsumen pasti akan kecewa jika menemukan pakaian mereka luntur, tertukar, atau bahkan hilang. Jadi pastikan semua hal itu tidak terjadi agar konsumen tetap percaya dan mau kembali ke tempat laundry Anda.

Waktu Pengerjaan yang Tepat
Buatlah patokan waktu pengerjaan sesuai dengan standar jasa laundry lainnya di tempat Anda. Atau jika mampu dan memungkinkan, Anda dapat membuat patokan waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan para pesaing Anda.

Biasanya jasa laundry kiloan memberikan 2 jenis jasa yakni kilat dan biasa. Secara umum, jasa laundry kilat umumnya membutuhkan waktu satu hari. Dan untuk jasa laundry biasa umumnya mematok waktu 3 hari. Setelah patokan waktu dibuat, Anda harus konsisten dan jangan sekali-kali tidak menepati perjanjian ini dengan konsumen.

Berikan Jasa Tambahan
Ingin bersaing dengan pemilik usaha jasa laundry yang lain? Kuncinya adalah dengan memberikan jasa tambahan. Anda misalnya dapat memberikan jasa antar jemput pakaian, kupon gratis laundy, atau undian berhadiah. Pasti semua itu dapat menarik minat konsumen untuk memilih jasa laundry Anda.


Buka Bisnis Waralaba
Jika nama usaha laundry Anda sudah terkenal dan memiliki cukup banyak pelanggan, maka gunakan strategi waralaba untuk mengembangkannya. Dengan nama yang sudah terpercaya dan akrab di kalangan konsumen, pastinya Anda akan mudah membuka cabang dengan sistem waralaba. Pengunjung pun tidak akan ragu memilih jasa Anda, karena mereka sudah percaya sebelumnya.

3.   Bimbingan Belajar Privat
Jika Anda memiliki keahlian dan kemampuan di bidang akademik, maka bisnis bimbingan belajar menjadi salah satu pilihan yang tepat. Anda dapat membuka bimbingan belajar di rumah dengan segmen pasar mulai anak SD, SMP, hingga SMA.

Memberikan bimbingan belajar privat dengan satu atau maksimal 5 peserta lebih diminati saat ini. Karena dengan jumlah peserta yang terbatas, akan menambah kenyamanan dan konsentrasi belajar. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha ini, setidaknya Anda harus menerapkan tips berikut :

Siapkan Tempat Les
Walaupun dapat dilakukan di rumah, setidaknya Anda juga harus menyiapkan ruangan khusus untuk kegiatan les ini. Anda dapat mengubah sebuah ruangan menjadi tempat les dengan tambahan meja, kursi, papan tulis, dan perlengkapan lainnya. Buatlah suasana ruangan les yang menarik, kondusif, dan nyaman.

Kurikulum
Pastikan Anda memberikan materi bahan les yang mengikuti kurikulum yang berlaku saat ini. Jangan sampai Anda mengajarkan materi yang sudah kadaluwarsa. Buat juga paket-paket soal sendiri sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Rekrut Tenaga Profesional
Jika Anda punya cukup banyak modal dan ingin mempekerjakan orang lain sebagai guru bimbingan belajar, maka pastikan Anda merekrut orang yang memang kompeten di bidangnya. Misalnya saja jika Anda berencana membuka bimbingan belajar fisika, maka pastikan Anda merekrut sarjana fisika.

Anda tak perlu merekrut guru sekolah, namun Anda dapat memanfaatkan para sarjana fresh graduate sesuai dengan bidang keahlian. Pastikan Anda memilih tenaga pengajar yang berdedikasi tinggi dan menyukai dunia pendidikan.

Promosi
Suatu usaha takkan berjalan mulus tanpa adanya promosi. Siapa yang akan mengetahui usaha bimbingan belajar Anda jika tidak dipromosikan? Oleh karena itu, promosikan usaha Anda dengan sistem offline maupun online. Anda saat ini dapat dengan mudah menginformasikan usaha bimbingan belajar ini melalui media sosial dengan jangkauan yang lebih luas.

Nah, itulah diatas 3 jenis usaha/bisnis yang cocok dan menguntungkan di tahun 2017 ini. Silahkan pilih salah satu yang menurut Anda paling menarik dan tetap konsisten untuk menekuninya. 
sekian pembahasan kali ini mengenai peluang usaha yang menguntungkan jangan lupa baca juga 7 peluang usaha jasa yang terbukti menguntungkan untuk karyawan.


contoh iklan

0 comments:

Post a Comment