Home » » 4 Trik Cerdas Menyiapkan Dana Darurat

4 Trik Cerdas Menyiapkan Dana Darurat

contoh iklan

4 cara ampuh menyiapkan dana darurat
Setiap manusia tidak pernah tahu kapan suatu hal buruk terjadi pada mereka. Mereka hanya bisa berjaga-jaga jika suatu ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dan idealnya setiap orang/keluarga harus mempunyai dana darurat untuk berjaga-jaga jika ada keperluan mendadak yang bersifat urgent.

Apa itu dana darurat?

Dana darurat merupakan sejumlah dana yang memang telah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tidak terduga di masa mendatang. Orang akan menyisihkan sebagian penghasilannya untuk bersiap-siap jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Dana darurat semacam ini akan lebih berharga dibandingkan dengan kartu kredit atau asuransi.

Memang saat terjadi hal buruk, Anda bisa mengandalkan asuransi yang Anda ikuti, namun tentunya proses klaim ke asuransi butuh waktu karena harus melalui berbagai prosedur dan juga mengumpulkan syarat-syarat sesuai aturan yang mereka tetapkan. Berbeda dengan dana darurat yang bisa langsung Anda pakai ketika terjadi sesuatu.

Walaupun banyak orang yang setuju jika dana darurat ini sangat penting manfaatnya, namun kebanyakan orang merasa susah untuk menyiapkan atau mengumpulkan dana tersebut. Memang sih kemampuan finansial tiap orang berbeda-beda, bagi mereka yang penghasilannya besar, mungkin bukan masalah jika harus menyisihkan uang untuk persipan danan darurat, namun buat mereka yang hidupnya pas-pasan tentu hal tersebut bukan perkara mudah.



1.    Tekadkan Niat

Menabung memang bukanlah hal yang mudah. Sebagian besar orang memiliki masalah dalam hal menyisihkan uang. Oleh karena itu, perlu tekad yang kuat untuk usaha menabung ini. Tanamkan keyakinan dalam diri Anda bahwa tidak ada yang tahu kapan nasib buruk akan menimpa diri Anda. Motivasi diri Anda agar bisa bersiap-siap atas apa yang akan terjadi. Hal ini akan memicu Anda dalam upaya menyiapkan dana darurat.

2.    Manajemen Kuangan

Agar bisa menyiapkan dana darurat, Anda tentu harus pintar memanajemen keuangan Anda. Hitung berapa jumlah tanggungan Anda dalam satu bulan. Pastikan jumlah tanggungan selama satu bulan tidak lebih banyak dari jumlah gaji bulanan Anda. Jika pengeluaran selalu lebih besar dari penghasilan, jangankan menabung uang, Anda hanya akan menumpuk hutang di mana-mana. Oleh karena itu, Anda wajib memanagemen keuangan Anda dengan baik.

3.    Sisihkan Sebagian Kecil Gaji Anda untuk Dana Darurat

Meskipun tanggungan Anda masih cukup besar setiap bulannya, pastikan Anda menyisihkan sebagian kecil dari gaji Anda untuk dana darurat. Anda bisa menyimpannya dalam satu celengan khusus atau menyimpannya di bank. Yang jelas, celengan ini harus Anda isi setiap bulannya dan tidak boleh asal diambil. Dana tabungan ini hanya bisa diambil ketika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

4.    Ikuti Program Tabungan Berencana

Beberapa bank di Indonesia sudah memiliki program tabungan berencana. Pada umumnya, program tabungan ini bekerja dengan cara mengambil sebagian dari uang tabungan Anda untuk dimasukkan ke rekening Tabungan Berencana. Uang yang sudah masuk ke rekening tabungan ini tidak bisa diambil sampai jangka waktu tertentu. Untuk Anda yang benar-benar tidak bisa menabung, tabungan berencana ini bisa menjadi solusi tepat untuk Anda.



Nah itulah 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk menyiapkan dana darurat. Jangan pernah berhenti menabung sebelum dana darurat Anda mencapai enam kali dari gaji Anda. Setelah itu, Anda baru bisa menggunakan gaji Anda untuk membeli barang-barang sesuai kebutuhan Anda. Oke jangan lupa berbagi ya.......

contoh iklan

0 comments:

Post a Comment