Home » » 5 Cara Jitu Mencari Pelanggan Baru

5 Cara Jitu Mencari Pelanggan Baru

contoh iklan


5 cara mudah mencari pelanggan baru untuk usaha bubur kacang
Zaman sekarang, menjadi pengusaha semakin marak dilakoni oleh banyak orang, pasalnya profesi ini cepat mendatangkan penghasilan yang besar. Walaupun untuk bisa seperti itu tentunya tidak serta merta dengan mudah kita dapatkan, karena ada proses yang perlu kita lalui untuk bisa sampai ke sana.

Menjalani usaha itu butuh kerja keras, butuh mental baja menghadapi banyak kondisi. Karena saat usaha, kadang kita punya banyak pelanggan dan pendapatan kita meningkat tajam, tapi kadang juga berlaku sebaliknya. Jadi kunci apabila usaha kita tetap bisa eksis adalah dengan mempertahankan dan menambah pelanggan.

Sekarang permasalahannya adalah, bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan pelanggan dengan cara yang mudah? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya simak 5 Cara Jitu Mencari Pelanggan Baru berikut ini.


    1.   Memperluas Networking

Satu cara yang bisa dibilang wajib untuk dilakukan seorang pengusaha adalah dengan memperluas networking atau jaringan. Untuk tujuan ini, maka Anda perlu berinteraksi dan bertemu dengan banyak orang, berkumpul dengan banyak komunitas, dan berguru kepada pengusaha-pengusaha yang sudah sukses terlebih dahulu dari Anda.

Dengan semakin luasnya jaringan yang Anda punya, dan semakin banyak Anda bertemu dengan orang, maka peluang pelanggan Anda bertambah semakin besar. Kenapa begitu? Karena bisa jadi mereka yang pernah Anda temui, kelak akan menjadi pelanggan Anda. Oleh karena itu, bersikap hangat dan rendah hatilah selalu di hadapan semua orang.


     2.   Gunakan Akun Sosial Media Anda Dengan Optimal

Di era digital, semua orang di dunia ini bisa mengakses informasi dengan cepat, termasuk produk dan jasa yang Anda jual. Jadi, bila Anda ingin memperlebar sayap penjualan, dan memperbanyak pelanggan, maka gunakanlah akun sosial media Anda dengan optimal. Misalnya saja dengan mengupload produk-produk yang Anda punya secara berkala ke akun Instagram, facebook, twitter, path dan akun media sosial lainnya.

Namun Anda perlu selalu ingat, bahwa menggunakan akun sosial media pun ada etikanya. Anda jangan sekali-sekali spam timeline facebooknya orang lain. Atau tiba-tiba ngiklanin sesuatu di sosial media orang tanpa izin dan dilakukan secara terus menerus. Perbuatan-perbuatan seperti ini, tentunya akan sangat mengganggu sekali. Gunakanlah cara-cara persuasif yang lebih natural dan lembut untuk membuat orang tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.


     3.   Utamakan Kualitas Produk

Apabila Anda ingin pelanggan terus bertambah, maka yang wajib Anda lakukan adalah mengutamakan kualitas produk. Jika produk Anda selalu dikenal dengan kualitasnya yang bagus, maka pelanggan-pelanggan Andalah yang nantinya akan menjadi marketing secara gratis, karena biasanya, pelanggan yang puas dengan apa yang ia beli akan menceritakannya kembali ke sanak kerabatnya.

Kualitas produk bisa dijaga dengan terus melakukan aneka inovasi, karena kebutuhan pasar akan suatu benda semakin hari semakin berkembang dan berubah trennya, apalagi kalau barang yang Anda jual adalah barang-barang yang berbau teknologi. Jadi kualitas barang pun perlu mengikuti perubahan gaya hidup pelanggan Anda.


    4.   Mengadakan Kompetisi Berhadiah

Sebenarnya banyak cara bisa kita lakukan untuk menarik pelanggan, dan salah satu cara yang patut dicoba adalah dengan mengadakan kompetisi berhadiah, misalkan saja dengan mengadakan lomba foto produk yang Anda jual, atau lomba review produk, serta kompetisi lainnya.

Dengan cara seperti ini, maka sebenarnya kita sedang melakukan proses marketing, dan peserta lomba yang ikut di kompetisi kita secara tidak langsung ikut mempromosikan produk kita dengan karya yang mereka ikutkan dalam kompetisi. Apalagi jika dalam lomba tersebut mereka diminta untuk share karya yang diikutkan di kompetisi itu di akun media sosial masing-masing.


    5.   Jangan Ragu Untuk Memberi Diskon

Apabila Anda ingin banyak pelanggan, maka Anda perlu memperhatikan kebutuhan pelanggan Anda, salah satunya kebutuhan akan diskon. Biasanya, sekalipun harga barang yang kita jual itu mahal, tapi kalau ada diskonnya, biasanya pembeli lebih tertarik untuk membeli barang di tempat kita, dibandingkan di toko yang sama sekali tidak pernah memberikan diskon atau potongan harga. Bukankah Anda juga suka dengan toko yang bertabur diskon?


Nah, itulah diatas 5 tips ampuh dalam menggaet banyak pelanggan baru. Selamat mencoba bagi sobat semua yang sedang mengembangkan usahanya. Jangan patah semangat dan maju terus dalam membangun usahanya. Semoga bermanfaat bagi sobat dutamanis.com, jangan lupa share ya.

contoh iklan

0 comments:

Post a Comment