Home » » 7 Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Pengusaha Menengah ke Bawah

7 Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Pengusaha Menengah ke Bawah

contoh iklan

7 cara mendapatkan modal usaha..

Memiliki penghasilan lain dengan menjalankan bisnis sampingan adalah sesuatu yang wajar, saat ini banyak pegawai kantoran, ibu rumah tangga bahkan  mahasiswa, sudah mulai banyak yang terjun membuka bisnis/usaha sampingan. Hal ini tentu sangat positif, membuka usaha selain memberikan pendapatan tambahan bagi para pelaku bisnis/usaha, semakin besar usaha juga akan turut serta dalam meningkatkan pendapatan negara dari pajak.
Nah, berbicara mengenai bisnis, tentu tak lepas dari yang namanya modal. Untuk itu, buat anda pelaku usaha menengah kebawah yang baru memulai usaha dan terkendala masalah modal, berikut beberapa ide sumber modal yang bisa anda coba gunakan.

Sumber Modal Usaha bagi Pengusaha Kecil Menengah


1. Tabungan

Tidak semua usaha membutuhkan modal hingga ratusan juta rupiah. Banyak pebisnis baru yang terjun ke dunia usaha membuka usahanya dengan modal hanya beberapa juta, dan bahkan tak sedikit yang hanya butuh ratusan ribu saja. Seperti misalnya penjual es krim keliling, berjualan pulsa, dan sejenisnya.

Dengan modal yang ringan tersebut, pasti banyak kalangan yang bisa melakukannya. Mahasiswa maupun ibu rumah tangga bisa menyisihkan sebagian tabungan yang mereka miliki untuk memulai usaha rumahan mereka. Jadi, memiliki tabungan ratusan ribu pun sudah bisa menjadi modal awal untuk berbisnis, asalkan ada niat yang kuat.

2. Menjual Aset Berharga

Bagi anda yang memiliki barang berharga yang tidak terpakai atau tidak anda manfaatkan, baik berupa emas, tanah, ataupun rumah bisa anda jadikan modal usaha dengan cara menjualnya. Jikalaupun anda tidak memiliki ketiga barang berharga diatas, anda bisa mencoba menjual barang bekas yang memiliki nilai jual secara online di media sosial ataupun lainnya untuk mendapatkan modal usaha. Menjual aset berharga bukanlah sebuah kemunduran, bagi seorang pengusaha, berkorban demi memajukan usaha yang didirikan adalah sebuah keharusan.

3. Pegadaian

Pegadaian adalah alternatif lain jika anda merasa berat menjual barang-barang berharga yang anda miliki untuk modal usaha. Dengan menggadaikan rumah, perhiasan emas, ataupun peralatan elektronik anda bisa mendapatkan dana segar yang bisa anda manfaatkan untuk memulai usaha. Tidak perlu cemas dengan harta yang anda gadaikan, asalkan rutin membayar biaya bulanan, harta anda akan tetap aman.

4. Investor atau Bermitra

Sumber lain yang bisa diandalkan untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan mencari sumber modal dari kolega atau investor anda. Anda bisa mengajak investor anda untuk bekerja sama dalam membangun bisnis yang anda rencanakan. Dengan menggabungkan modal usaha yang anda miliki dengan tambahan modal dari investor, maka anda akan memiliki modal yang cukup banyak dalam membuka usaha baru. Kemudian usaha yang akan anda jalankan ini bisa anda yang mengelolanya atau dikelola bersama dengan investor anda.

5. Pinjaman dari Sahabat, Teman, Keluarga

Teman, sahabat dan keluarga tidak hanya tempat untuk berbagi suka dan duka. Anda bisa mengandalkan mereka untuk memberikan tambahan modal usaha yang anda ingin jalankan. Pertama, utarakan dengan baik maksud dan tujuan anda, bahwa anda sedang merencanakan untuk membuka bisnis baru, dan membutuhkan modal tambahan agar bisnis yang anda jalankan bisa berjalan. Pastikan anda memberikan batas waktu pengembalian dana kepada teman dan sahabat anda.

6. Dana Hibah

Bagi pelaku UKM, mendapatkan modal awal untuk membuka usaha bisa melalui jalur dana hibah. Saat ini banyak perusahaan baik dari pemerintah maupun perusahaan swasta yang mempunyai program CSR dengan menawarkan pemberian dana hibah. Untuk mendapatkannya, anda perlu membuat proposal kepada perusahaan yang anda tuju, jika proposal usaha anda disetujui, anda bisa memanfaatkan dana hibah yang mereka berikan untuk membuka usaha.

7. KUR 

KUR adalah Kredit Usaha Rakyat, merupakan program dari pemerintah untuk lebih mendorong masyarakat untuk mau berwirausaha. KUR bisa anda dapatkan dengan cara mengajukan pinjaman KUR ke bank yang ingin anda tuju. Persyaratannya cukup mudah dan dengan bunga yang ringan tidak akan memberatkan anda yang baru memulai usaha.

Nah sekarang sudah ada gambaran dari mana sumber modal usaha anda?  Intinya semua berawal dari niat, membuka bisnis baru seharusnya tidak sesulit yang dibayangkan. Jika mau berusaha dan berani melangkah, maka modal usaha yang menjadi momok pengusaha baru seharusnya tidak lagi menjadi hambatan. Dan jangan lupa share ya untuk teman teman yang lain.


contoh iklan

0 comments:

Post a Comment